Monday, February 04, 2008

Mengurus Paspor (passport) di Kantor Imigrasi, Yogyakarta

[tulisan ini ditulis di waktu tertentu, di masa lalu, mungkin saja informasi yang ditulis di sini sudah tidak sesuai lagi dengan keadaan sekarang]

(This entry is about how to make a passport in Customs office of Yogyakarta, what documents should we prepare, etc. about passport making in Yogyakarta. The phone number of the office is +62274 489165).

Sebentar lagi saya akan mengurus passport atau paspor di kantor Imigrasi Yogyakarta. Kantor terletak di Jalan Laksda Adisucipto (Jalan Solo) sebelah barat bandara Adisumarno, tepatnya di sebelah barat jembatan timbang. Tadi saya sudah sempat menghubungi 108, saya menanyakan nomor telpon Kantor Imigrasi Yogyakarta, ketemu nomor: 0274 489165. Nomor itu sempat saya hubungi.

Saya menanyakan apa saja syarat untuk mengurus paspor hijau. Petugas menjawab, dokumen yang harus dibawa adalah:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi Kartu Keluarga
  3. Fotokopi Ijazah/Akta Kelahiran
  4. Fotokopi Surat Nikah
  5. Surat Rekomendasi dari Atasan tempat kita bekerja
(Revisi: Selain fotokopi, Anda juga harus membawa dokumen aselinya).

Pasfoto kelihatannya tidak usah kita bawa, karena di sana disediakan jasa pemotretan seperti halnya kalau kita mengurus SIM (Surat Ijin Mengemudi).

Tentang biaya tadi saya belum sempat menanyakan, nanti kalau saya sudah selesai mengurus, saya akan tahu berapa biaya mengurus passport hijau. Mudah-mudahan urusan saya nanti lancar, tidak seperti cerita-cerita yang ada di blog tetangga sebelah tentang duka-duka (baca: suka duka) orang mengurus paspor.

(Tambahan info: Biaya adalah sbb: membeli formulir dan map di lantai bawah (parkiran, tempat fotokopi seharga Rp7.000,-. Membayar foto Rp55000, plus biaya lain total senilai Rp275-ribuan ).

Ringkasnya, bila Anda warga (dekat dengan kota Yogyakarta), Anda dapat mengurus passport di Kantor Imigrasi Yogyakarta, silahkan Anda kontak nomor telpon 0274 489 165. Jangan lupa, kalau passport Anda hijau, siapkan dokumen seperti di atas dan uang secukupnya.

Berapa waktu yang diperlukan: dengan cara standar seperti di atas, saya berhasil mengurus paspor dalam waktu 9 hari dengan 3 kali datang. Datang pertama yang saya lakukan adalah ke lantai bawah, membeli formulir di dalam map Rp7000,-, mengisi formulir menyerahkan ke front office bagian pengurusan passport. Setelah itu saya harus menunggu 1 jam lebih untuk mendapatkan giliran wawancara. Setelah wawancara, saya mendapat jadwal untuk berfoto. Foto adalah seminggu kemudian. Datang berikutnya, saya menyerahkan slip dari hari pertama, terus duduk menunggu panggilan membayar sekitar satu jam, selesai membayar saya menunggu panggilan foto sekitar 25 menit. Selesai difoto saya disuruh pulang. Hari berikutnya saya harus datang dengan membawa kuitansi pembayaran di hari sebelumnya. Saya tunjukkan itu kuitansi, saya mendapatkan paspor. Saya diminta fotokopi halaman pertama dan belakang, saya terus menuju ke tempat fotokopi di lantai bawah (parkiran). Tarip fotokopi untuk dua lembar kecil ini adalah Rp500,-.

Kesimpulan: Mengurus Paspor di Kantor Imigrasi Yogyakarta memerlukan waktu sekitar 8 hari dengan biaya hampir 300ribu rupiah. Selain itu kita harus menyediakan waktu hadir 3 kali dengan setiap kali hadir kita harus menunggu minimal satu jam.

Di sela-sela saya menunggu itu saya juga mendapat informasi kalau paspor dapat diurus dengan cara kilat. Ada biro jasa semacam travel agent yang bisa menguruskan passport dengan biaya Rp 650ribuan. Keuntungan cara ini adalah waktu pasien paspor hemat. Dia cukup datang untuk wawancara plus foto, esok hari pasport langsung jadi. Jadi hanya makan waktu maksimum 2 hari. Saya juga sempat mendengar konon kalau lewat orang dalam tertentu, pasien paspor bisa juga mengurus dengan biaya Rp550ribuan (hemat 100ribu).

Wah, enak ya jadi orang sibuk yang beruang. Dengan sedikit menambah biaya, waktu mereka bisa diproses dengan lebih cepat tanpa harus antre yang memakan waktu cukup lama.

Apakah cara ini bisa dikategorikan sebagai menyogok? Silahkan Anda bertanya kepada ahli hukum atau ahli fikih. Yang jelas dari segi keuntungan uang, pasien pasport untung, calo untung, orang dalam juga untung. Tapi yang jelas cara ini merugikan pasien paspor yang berusaha menempuh jalan terang/legal sesuai dengan peraturan yang diberlakukan di Kantor Imigrasi. Apakah ini juga yang menyebabkan waktu pengurusan paspor pasien jalan terang menjadi mulur 8 harian lebih?

Mengapa orang-orang di Kantor Imigrasi Yogyakarta membiarkan hal ini terjadi? Apakah mereka sebagai pegawai negeri merasa belum dibayar cukup oleh negeri ini sehingga sebagian dari mereka berbisnis di bidang pengurusan paspor? Kapan praktik seperti ini bisa dihentikan? Atau, mungkin kapan dibuat peraturan terbuka yang legal dari pemerintah bahwa pengurusan pasport memang mempunyai tingkat harga yang berbeda-beda, kalau kilat harganya 2 kali lipat, kalau ingin super kilat harganya 3 kali lipat dari harga standar. Kapan Kantor Imigrasi Yogyakarta menerapkan standar pelayanan yang jelas bahwa waktu pengurusan pasport dapat diselesaikan dalam waktu sekian hari, secara pukul rata, tanpa adanya pendiskriminasian berdasarkan berapa uang yang bisa diberikan oleh pasien paspor?

Saya dalam hal ini tidak ingin mengatakan bahwa Kantor Imigrasi Yogyakarta yang salah, karena memang ini sudah menjadi budaya umum. Saya hanya bisa menyayangkan atau menyesalkan mengapa teman-teman saya di sana bekerjanya seperti itu. Mudah-mudahan di hari esok lebih baik! Amin.

Ingin berkomentar? Silahkan klik sini!

4 comments:

嘉乐 said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Chicken said...

I wanna comment about making passport in Yogyakarta immigration. Two days ago I just got a new passport. It took 1 week and total cost Rp.283,000 ( 275,000 plus 7,000 for the form and 1,000 for photocopy ). I think it's quite good service, ya sometimes it takes a long time but we should understand that there are a lot of people apply it and the Immigration staffs are just a human being, they are not a computer that can work fast so please just follow the procedures and enjoy the process. Thank's

Anonymous said...

anyway, ma kasih infonya sangat berguna bagi saya yg baru pertama kali ngurus passport........

Technorati Blog Widgets

A Flower of Love from the Beloved

My Skype Status

My status

Search Google ...

Google